Laman

Senin, 23 November 2009

Kontroversi Film 2012


oLEH: Aryanti


2012 adalah film Amerika Serikat bergenre bencana fiksi ilmiah yang dirilis tanggal 13 November 2009, disutradarai oleh Roland Emmerich (juga sutradara film INDEPENDENCE DAY dan THE DAY AFTER TOMORROW). Film ini dibintangi oleh John Cusack, Amanda Peet, dan Danny Glover. Dalam film ini di ceritakan bahwa umat manusia mulai panik akibat rentetan bencana alam yang dapat membawa dunia menuju ambang kehancuran, mulai dari hujan meteor, letusan gunung berapi, hingga gelombang tsunami yang menelan pegunungan Himalaya. Hal ini berdasarkan prediksi kiamat oleh bangsa Maya. Bangsa Maya sangat akurat dalam perhitungan kalender.
film ini sedang menjadi buah bibir yang riuh. Berbagai macam diskusi dan komentar di media massa maupun dunia maya juga semakin ramai. Film 2012 ini sangat berpotensi mengangkat isu-isu dan kepercayaan kontroversial yang dialami suatu suku atau negara di mana penonton bisa berasosiasi dengan karakter yang ada dalam film tersebut. Berbagai kontrversipun terjadi di seluruh dunia setelah penayangan film 2012, tidak terkecuali di Indonesia, banyak para ulama yang mengatakan bahwa film 2012 itu haram untuk di tonton. Misalnya Ketua Majelis Ulama Indonesia Kabupaten Malang Mahmud Zubaidi mengecam penayangan film “2012” yang dianggapnya dapat menyesatkan pikiran orang-orang. Padahal, menurut ajaran Islam, hari kiamat tidak dapat dipastikan kapan terjadinya karena itu menjadi kuasa Allah SWT. Selain itu tidak sedikitpun orang yang meminta agar film 2012 di berhentikan penayangannya di bioskop-bioskop Indonesia, tetapi tetap saja banyak orang yang penasaran ingin sekali menonton film 2012 bahkan sampai rela mengantri brjam-jam agar dapat menonton film 2012.
Saya sendiri juga penasaran dengan film 2012, maka dari itu saya juga telah menonton film yang sangat fenomenal itu. Menurut pendapat saya film 2012 itu adalah film yang menceritakan sebuah Negara yang tertimpa bencana cukup besar tetapi tidak bias disebut sebagai kiamat atau hari berakhirnya semua kehidupan di dunia, karena dalam film ini masih ada manusia yang bisa menghindari bencana tersebut dan akhirnya dapat bertahan hidup. Jadi film ini tidak bisa di sebut kiamat tetapi hanya berupa kiamat kecil ( kiamat sugra ). Film ini juga mempunyai sisi positif bagi saya karena dengan menonton film ini kita dapat sadar bahwa manusia hidup di dunia ini anya sementara dan Tauhan akan dengan mudah mengambil semua yang ada di bumi ini tanpa kompromi. Saya tidak mempercayai bahwa kiamat itu akan dating pada tahun 2012 karena hanya Tuhan yang tahu kapan kiamat itu akan datang. Jadi kita sebagai manusia yang sangat kecil di mata Tuhan hendaklah bersiap-siap kapan pun kiamat itu akan datang dengan cara selalu menjalankan perintah dan menjauhi segala yang di larang oleh Tuhan YME.
Sekian pendapat saya mengenai Film. Maaf jika dalam penulisan saya ini kurang berkenan di mata pembaca dan saya mengharapkan komentar yang membangun agar dalamm penulisan berikutnya saya dapat. menulis dengan lebih baik.

Sumber:
www.google.com



.

3 komentar:

Anonim mengatakan...

sebagai tambahan info ..egi prnh nonton tv, ada org bunuh diri cm gara-gara takut akan ramalan 2012. smga orang yg tlh menonton film 2012 yg aryanti ceritain diatas tidak tersugesti dgn hal-hal yg negatif, tetapi ambil hal-hal positifnya.

Chyntia's Official Blog mengatakan...

nambah lg ...
kalo ada juga yg buat big ship buat hadepin 'the end of world' itu .ckckckck
parah yah .

qta sbgai umat muslim cukup membuat 'big ship' yaitu iman nd takwa .

(aryantii .follow back me yahh .)

tya mengatakan...

menurut gw itu kan cm film sama kaya org yg ska ngeramal. ngapain sih kta hrs percaya hal" yg sprt itu.

mungkin dy ga punya agama atau imannya kaga kuat x ya?