Laman

Selasa, 01 Juni 2010

Penyebab Enuresis

KENAPA ENURESIS?

Dari situasi yang melingkupi enuresis jelaslah bahwa masalah ini berkaitan dengan masalah psikologis anak. Misalnya, anak mengalami gangguan emosi dan perasaan yang beraneka ragam seperti takut, tegang, atau sedih yang mendalam. Enuresis juga merupakan bentuk ekspresi dari perasaan yang terpendam, sebagai ungkapan kegelisahan atau karena mengalami trauma berkepanjangan. Enuresis juga bisa sebagai pertanda bahwa si anak membutuhkan perhatian dari lingkungannya.

Ngompol lantas terjadi sebagai manifestasi dari aktifnya metabolisme tubuh karena anak yang bersangkutan merasa tegang atau sedih tetapi tidak mampu mengekspresikan perasaannya.

Penyebab enuresis bermacam-macam. Menurut Pengajar di Unika Atma Jaya, Jakarta ini yang pasti sumber masalahnya terdapat dalam lingkungan kehidupan sosial anak, bisa dalam keluarga, di sekolah atau lainnya. Di lingkungan keluarga bisa karena kakek-nenek, orang tua, kakak atau adik. Misalnya karena sering ditinggal orang tuanya, selalu mendapat tekanan dari orang tua, atau merasa diperlakukan tidak adil dan berbeda dibandingkan perlakuan orang tua terhadap kakak atau adiknya.

Masalah di lingkungan sekolah bisa berkaitan dengan guru atau teman. Misalnya takut ke sekolah karena materi pelajaran yang dinilainya terlalu memberatkan, takut mendapat nilai jelek, atau takut dimarahi guru. Bisa juga karena bermasalah dengan teman-temannya, seperti selalu berselisih atau bermusuhan sehingga menjadi sangat tegang hingga akhirnya ngompol.
sumber : http://www.tabloid-nakita.com/Panduan/panduan05257-02.htm

Tidak ada komentar: